Wajib untuk Bertauhid dalam Seluruh Kategorinya

Sebelumnya kami telah menjelaskan bahwa tauhid memiliki tiga kategori, yaitu tauhid rububiyyah, tauhid uluhiyyah, dan tauhid asma’ wa shifat. Para ulama’ melakukan pembagian seperti ini dengan tujuan untuk menjelaskan tentang tauhid secara mudah kepada masyarakat. Sebagian ulama’ lainnya membagi tauhid menjadi dua kategori, yaitu dengan menggabungkan tauhid rububiyyah dan tauhid asma’ wa shifat menjadi satu kategori. Ini menunjukkan bahwa pembagian kategori menjadi dua atau tiga kategori hanya untuk memudahkan pembelajaran, bukan sesuatu yang ditetapkan di dalam syari’at.

Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk bertauhid dalam seluruh kategorinya. Dengan kata lain, ketauhidan seseorang tidak akan sah jika ada salah satu kategori tauhid saja yang tidak dia wujudkan. Demikian pula, ketauhidan seseorang tidak akan sempurna jika ada salah satu kategori tauhid saja yang tidak dia sempurnakan.

Misalnya, ketika seseorang mewujudkan tauhid rububiyyah dan tauhid asma’ wa shifat, tetapi dia tidak mewujudkan tauhid uluhiyyah, misalnya dengan menyembah berhala dan kuburan, maka orang tersebut telah melakukan kesyirikan dan ketauhidannya tidak sah.

Demikian pula, ketika seseorang mewujudkan tauhid uluhiyyah, tetapi dia tidak mewujudkan tauhid rububiyyah atau tauhid asma’ wa shifat, maka kita katakan bahwa orang tersebut belum bertauhid. Misalnya, dia percaya bahwa ada orang yang bisa meramal kejadian di masa depan atau dia meyakini bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengetahui tentang ilmu al-Lauhul-Mahfuzh, padahal ini adalah perkara-perkara ghaib yang hanya diketahui oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meyakini bahwa ada selain Allah yang mengetahui perkara-perkara ghaib adalah sama dengan membuat tandingan bagi Allah dalam kesempurnaan Sifat Ilmu yang dimiliki oleh-Nya.

Oleh karena itu, kita harus mewujudkan semua kategori tauhid di atas dalam kehidupan kita.

@ Pusdiklat SDM Ketenagakerjaan, Jakarta Timur, 28 Dzul-Hijjah 1440 H

Penulis: Dr. Andy Octavian Latief

Artikel andylatief.net

Leave a Reply