Donasi Wisma Akhawat Udrussunnah 2020

Alhamdulillah, donasi untuk Wisma Akhawat Udrussunnah sudah semakin mendekati yang dibutuhkan.

Ketika ana pindah ke Bandung tahun lalu, ana diminta menjadi pembina dari Udrussunnah, tempatnya para mahasiswa/i di Bandung yang ingin belajar ilmu syar’iy secara intensif selain tentunya mereka belajar ilmu dunia di kuliah mereka masing-masing. Karena adanya Udrussunnah inilah, anda bisa melihat banyak mahasiswa/i di ITB, UPI, dll, yang selain ahli dalam bidang kuliahnya, juga bisa baca kitab Arab gundul dengan lancar, dan tentunya paham akidah dan manhaj yang lurus.

Akan tetapi, selama ini Udrussunnah tidak ada ustadz pembina yang mengayomi mereka secara intensif. Ketika ana diminta mereka untuk menjadi pembina, alhamdulillah beberapa masukan dan perbaikan sudah ana lakukan. Di antara yang ana rasa wajib sekali untuk ana perbaiki adalah: Wisma Akhawat.

Lokasi Wisma Akhawat saat ini ada di gang kecil dan sempit di belakang Pasar Gandok. Gang ini kotor, kumuh, bau, dan gelap kalau malam. Tiap ana dan keluarga lewat situ (untuk ngajarin para akhawat wisma baca kitab Arab gundul), selalu terlihat penampakan tikus got yang besar di antara tumpukan sampah yang menggunung.

Jika ana ke sana cuma sepekan sekali saja sudah tidak betah, bagaimana mereka yang memang tinggal di sana dan tentu harus keluar masuk gang itu lebih dari sekali tiap harinya? Belum lagi bagaimana jika orang tua mereka berkunjung dan mendapati wisma tempat mereka tinggal sembari belajar ilmu syar’iy itu kondisinya seperti demikian?

Dan bagaimana pula ketika kondisinya adalah seperti sekarang ini, ketika wabah virus COVID-19 melanda, bukankah sangat berbahaya jika para akhawat tersebut harus keluar masuk gang yang sempit, kotor, kumuh, bau, habitatnya tikus got, dan kalau papasan motor sama motor saja sudah susah untuk lewat?

Alhamdulillah kami sudah menemukan calon kontrakan baru untuk Wisma Akhawat di daerah Kebon Bibit Utara. Dengan lingkungan yang bersih dan lebih memuliakan bagi para akhawat penuntut ilmu syar’iy.

Kami sangat mengharapkan partisipasi para muhsinin yang ingin membantu para penuntut ilmu syar’iy di Bandung ini. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas amal kebaikan kita semua.

Di antara “hasil” dari belajarnya para mahasiswa/i di Udrussunah Bandung ini adalah:

  • Web Panduan Muslim
  • Web Panduan Muslimah
  • Ma’had Taysir, lembaga belajar bahasa Arab (nahwu sharaf)
  • Ma’had Muhandis, lembaga belajar bidang-bidang ilmu syar’iy (akidah, fikih, tafsir, hadits, dll)
  • Madrasah Qur’an, lembaga belajar baca Qur’an dengan tajwid yang benar dan indah

Dr. Andy Octavian Latief, M.Sc.

Scroll to Top